Jumat, 08 Januari 2016

Laporan Akhir KKN? Siapa Takut

LAPORAN AKHIR
KULIAH KERJA NYATA
PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (KKN PPM)
REGULER ANGKATAN XLVIII
2014

Disusun oleh
Nama Mahasiswa
1.      Silvester Kalpika Narantaka            119114035      PSIKOLOGI
2.      Yoannes Chrysostomus Awang       119114149      PSIKOLOGI
3.      Marta Veronica                                 119114089      PSIKOLOGI
4.      Rizki Seviana Puspitasari                 118114167      FARMASI
5.      Wirna Niki Suprobo                         118114183      FARMASI
6.      Wuri Lukito Sari                               111214086      PBI

                                                    Lokasi         : Dusun Jelok
                                                    Desa            : Watugajah
                                                    Kecamatan : Gedangsari
                                                    Kabupaten : Gunungkidul


UNIVERSITAS SANATA DHARMA
LEMBAGA PENELITIAN DAN PUSAT PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
PUSAT KULIAH KERJA NYATA
2014
DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I                 PENDAHULUAN
A.      Analisis Sosial
B.       Rencana Pengembangan Wilayah Dusun
BAB II                RENCANA KEGIATAN
BAB III              PELAKSANAAN KEGIATAN
A.       Rincian Pelaksanaan Kegiatan
B.       Uraian Pelaksanaan Kegiatan
C.       Laporan Keuangan Semua Program
BAB IV              KESIMPULAN DAN SARAN
A.       Kesimpulan
B.       Saran
LAMPIRAN     
A.       Hasil Refleksi Kelompok
B.       Dokumentasi Kegiatan
C.       Peta Dusun
D.       Peta Desa



LEMBAR PENGESAHAN

Laporan Akhir Kegiatan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ini telah diperiksa dan disahkan pada hari Selasa, 16 September 2014

Kepala Dusun Jelok                                                                            Kormadus




      (Tukimin)                                                                          (Silvester Kalpika Narantaka)

Kepala Desa Watugajah                                                          Dosen Pembimbing Lapangan




        (Dwiratna)                                                                    (R.B Dwiseno Wihadi, S.T., M.Si)



KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat Rahmat dan KaruniaNya sehingga kami dapat menyusun Laporan Akhir Kegiatan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ini dengan baik.
            Laporan Akhir Kegiatan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ini dibuat dengan bantuan dari berbagai pihak untuk membantu menyelesaikan tantangan dan hambatan selama mengerjakan laporan ini. Oleh karena itu, kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah  membantu dalam penyusunan laporan ini.
            Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada laporan ini. Oleh karena itu, kami selaku penulis selalu menerima kritik serta saran yang tentunya dapat membangun.
            Akhir kata semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi kita sekalian.

Gunungkidul, September 2014


Penulis



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Analisis Sosial
Pedukuhan Jelok merupakan bagian dari desa Watugajah, kecamatan Gedangsari, kabupaten Gunungkidul. Dusun Jelok berada di dataran tinggi sehingga akses menuju desa tersebut berupa jalan yang menanjak. Secara umum, Jelok memiliki kondisi iklim tropis kering, dengan topografi wilayah yang didominasi oleh daerah bebatuan. Selain itu, rendahnya curah hujan juga menjadikan pedukuhan ini terlihat kering dan gersang. Pedukuhan Jelok juga memiliki kontur tanah yang tidak rata. Secara administratif, pedukuhan Jelok tersusun atas sepuluh RT dan satu RW. Bagian timur berbatasan dengan wilayah Desa Tegalrejo. Pada bagian barat berbatasan dengan Pedukuhan Gunungcilik. Sedangkan pada bagian utara, berbatasan dengan wilayah Klaten dan pada bagian selatan berbatasan dengan wilayah Watugajah.
Pedukuhan Jelok dihuni oleh 334 KK atau 1369 jiwa yang terdiri dari 670 laki-laki dan 699 perempuan. Mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Di pedukuhan Jelok terdapat mushola dan masjid. Masyarakat pedukuhan Jelok memiliki beberapa perkumpulan, seperti arisan bapak-bapak yang diadakan setiap malam menjelang tanggal 1 dan 16 (Jumat Legi), dan arisan ibu-ibu yang diadakan setiap tanggal 6 dan 20 setiap bulannya. Warga masyarakat pedukuhan Jelok masih menjunjung tinggi asas kekeluargaan. Hal ini terbukti dengan masih adanya kegiatan gotong royong. Akan tetapi, masih banyak perbedaan pendapat yang menimbulkan perselisihan antar warga. Masing-masing orang dengan kepentingan pribadinya saling menjatuhkan satu sama lain.
Pedukuhan Jelok memiliki luas daerah 1.076.471 H, dengan luas pekarangan sebesar 423.085 H, luas persawahan sebesar 119.490 H, dan luas tegal sebesar 493.966 H. Masyarakat pedukuhan Jelok lebih banyak memanfaatkan ladang dan pekarangan sebagai sumber matapencaharian, yaitu dengan menanam srikaya, mangga, dan pisang. Wilayah pedukuhan Jelok juga didominasi oleh tumbuhan besar seperti pohon jati, munggur, dll. Biasanya warga masyarakat memanfaatkan pohon jati dan munggur secara mandiri, yaitu dengan mengolah sendiri untuk menjadi bahan bangunan. Selain itu, kebanyakan dari warga pedukuhan Jelok menjadi buruh lepas, mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan situasi dan kondisi. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh rendahnya tingkat pendidikan warga dusun Jelok. Sebagian besar warga pedukuhan Jelok hanya mengenyam pendidikan pada tingkat sekolah dasar (SD). Kurangnya informasi yang didapat masyarakat dari luar juga memberikan pengaruh yang penting terhadap pengetahuan umum.
Kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan masih kurang. Hal ini, tampak dari minimnya ketersediaan MCK yang memadai. Masih banyak MCK yang tidak layak untuk digunakan. Selain itu, ketersediaan air memberikan kesulitan tersendiri bagi masyarakat untuk mendapatkan air bersih. Hal ini juga membuat masyarakat kurang dapat memanfaatkan sumber air secara maksimal.
Pada beberapa bagian jalan menuju dusun Jelok berupa jalan aspal kasar dan berlubang. Hal ini membuat akses menuju dusun Jelok susah untuk dijangkau. Padahal, pedukuhan Jelok memiliki potensi di bidang pariwisata yaitu panorama keindahan alamnya. Kendaraan yang paling banyak digunakan oleh warga ialah kendaraan roda dua. Biasanya kendaraan roda empat akan kesulitan melewati jalan menuju dusun Jelok. Selain jalanan yang rusak, akses jalan yang menanjak membuat kendaraan roda empat tidak mampu untuk melewati jalan tersebut. Masih banyak rumah warga yang belum dapat dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Hal ini disebabkan oleh akses yang tidak memadai seperti jalanan yang masih berupa batu dan tanah.
Di pedukuhan Jelok tidak terdapat sekolah dasar (SD) ataupun sekolah menengah. Hal ini membuat anak-anak pedukuhan Jelok harus menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk sampai ke sekolah. Hanya ada satu sekolah untuk anak usia dini/ PAUD, yang terletak di wilayah Tenggil.
Tingkat perekonomian warga masyarakat pedukuhan Jelok berada pada tingkatan menengah ke bawah. Hal ini ditunjukkan dari masih banyaknya rumah warga yang belum permanen.

B.     Rencana Pengembangan Wilayah Dusun
Pedukuhan Jelok terdiri dari beberapa wilayah. Ketersediaan MCK dimasing-masing wilayah masih belum memadai. Hal ini menjadikan keprihatinan tersendiri bagi masyarakat pada umumnya dan perangkat dusun pada khususnya. MCK sangat berkaitan dengan kesehatan. Oleh karena itu, MCK merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat dan menjadi kebutuhan primer bagi warga pedukuhan Jelok. Berkaitan dengan hal tersebut, pembangunan dan perbaikan MCK menjadi sangat mendesak. Akan tetapi, perekonomian masyarakat dusun Jelok menjadi salah satu hal yang menghambat pemenuhan tersebut. Kesadaran akan pentingnya kesehatan melalui kebersihan MCK juga belum disadari sepenuhnya oleh warga. Padahal kesadaran menjadi hal yang mendasar untuk mewujudkan pola hidup sehat pada masyarakat.

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat dewasa ini, sedikit banyaknya juga berpengaruh pada kehidupan masyarakat pedukuhan Jelok. Akan tetapi bertentangan dengan hal tersebut, ketersediaan sarana pendidikan masih sangatlah kurang. Pedukuhan Jelok hanya memiliki satu sekolah untuk anak usia dini/ PAUD. Padahal pendidikan dasar merupakan hal yang sangat penting dalam pembentukan karakter.



BAB II
RENCANA KEGIATAN

No
tahapan
kegiatan
Waktu pelaksanaan
Jumlah jam kegiatan
Jumlah mahasiswa yang terlibat
Nama penanggung jawab
Jumlah dana x Rp 1000
Sumber dana x Rp
JKEM
A.
Peningkatan kualitas kesehatan
Koord: Pika



1.
Persiapan 1
Pemberian kuisioner terkiat pola hidup sehat
Rabu 20/08/2014
5 jam
6
Pika
525
Masyarakat dan USD
114 jam
2.
Persiapan 2
Penyuluhan terkait pola Hidup sehat
Minggu 31/08/2014
3 jam
6
Wirna
1000
USD
18 jam
3.
Persiapan 3
Pengadaan poster terkait pola hidup sehat
Selasa 02/09/2014
3 jam
6
Awang
1300
USD
90 jam
4.
Pelaksanaan 1
Penyusunan proposal terkait pengadaan MCK
05/08/2014 – 13/08/2014
27 jam
6
Awang
45
Masyarakat dan USD
192 jam
5.
Pelaksanaan 2
Peyusunan proposal terkait pemeriksaan proposal gratis
Rabu 03/09/2014
5 jam
6
Wirna
45
USD
30 jam










B.
Bimbingan Belajar (Pendidikan)
Koord: Rizky



1.

Pelaksanaan 1
Pengajaran Al-Quran
Rabu, jumat, minggu 06/08/2014 - 10/08/2014
16 jam
2
Rizky
178
Masyarakat dan USD
59 jam
2.
Pelaksanaan 2
Pengajaran Bahasa Inggris
Selasa dan sabtu 23/08/2014
9 jam
2
Wuri
230
USD
21 jam
3.
Pelaksana 3
Bimbel calistung (baca, tulis, hitung)
Senin dan kamis 25/08/2014- 06/09/2014
11 jam
2
Marta
230
USD
21 jam
TOTAL
3553
-
545 jam




BAB III
                                                                   PELAKSANAAN KEGIATAN        

A.    Rincian Pelaksanaan Kegiatan
No
tahapan
kegiatan
Waktu pelaksanaan
Jumlah jam kegiatan
Jumlah mahasiswa yang terlibat
Nama penanggung jawab
Jumlah dana x Rp 1000
Sumber dana x Rp
JKEM
A.
Penyuluhan Pola Hidup Sehat dan MCK yang baik
Koord: Pika
1.
Persiapan 1
Pembuatan modul penyuluhan

Sabtu
30/08/2014
5 jam
6
Marta
45
USD
30 jam
2.
Persiapan 2
Persiapan tempat penyuluhan
Minggu
31/08/2014
3 jam
6
Wirna
306
USD
18 jam
3.
Pelaksanaan
Penyuluhan
Minggu
31/08/2014
3 jam
6
Wirna
362
USD
18 jam
B.
Penempelan Poster Pola Hidup Sehat dan menjaga MCK
Koord: Pika
4.
Persiapan 1
Pembuatan desain poster
Rabu- Kamis
27/08/2014- 28/08/2014, Senin
01/09/2014
8 jam
6
Pika

USD
48 jam
5.
Persiapan 2
Pencetakan poster dan laminating
Jumat
29/08/2014
5 jam
6
Awang
961,5
USD
30 jam
6.
Pelaksanaan
Penempelan poster
Jumat
05/09/2014
Senin- Rabu
08/09/2014- 10/09/2014
10 jam
6
Wirna
61,5
USD
60 jam
C.
Pembuatan Proposal Pembangunan Fasilitas MCK
Koord: Marta


7.
Persiapan 1
Survei dan observasi
Jumat
15/08/2014
3 jam
6
Pika

USD
18 jam
8.
Pelaksanaan 1
Penulisan proposal
Rabu- Kamis
3/09/2014- 4/09/2014
8 jam
6
Marta
87,45
USD
48 jam
9.
Pelaksanaan 2
Memasukkan proposal
Kamis
11/09/2014
5 jam
4
Awang

USD
20 jam
D.
Pembuatan Proposal Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis
Koord: Wirna


10.
Pelaksanaan 1
Penulisan proposal
Selasa- Rabu
2/09/2014- 3/09/2014
7 jam
6
Wirna
87,45
USD
42 jam
11.
Pelaksanaan 2
Memasukkan proposal
Kamis
11/09/2014
5 jam
4
Awang

USD
20 jam
E.
Bimbingan Belajar (TPA, Bahasa Inggris, Calistung)
Koord: Rizky


12.

Pelaksanaan 1
Pengajaran Al-Quran
Rabu, jumat, minggu 06/08/2014 - 07/08/2014
13 jam
2
Rizky





709,1
Masyarakat dan USD
26 jam
13.
Pelaksanaan 2
Pengajaran Bahasa Inggris
Selasa dan sabtu 23/08/2014- 06/09/2014
7,5 jam
2
Wuri
USD
15 jam
14.
Pelaksanaan 3
Bimbel calistung (baca, tulis, hitung)
Senin dan kamis 21/08/2014- 04/09/2014
7,5 jam
2
Marta
USD
15 jam
F.
Peringatan 17 Agustus
Koord: Awang


15.
Persiapan 1
Pembelian alat dan bahan perlombaan
Sabtu
16/08/2014
3 jam
6
Rizky


567,05
Masyarakat dan kas
18 jam
16.
Persiapan 2
Pembungkusan hadiah perlombaan
Sabtu
16/08/2014
4 jam
6
Wirna
Masyarakat dan kas
24 jam
17.
Persiapan 3
Persiapan lokasi perlombaan (panjat pinang)
Sabtu
16/08/2014
2 jam
6
Awang

Masyarakat dan kas
12 jam
18.
Persiapan 4
Persiapan lokasi perlombaan anak-anak
Minggu
17/08/2014
2 jam
6
Marta

Masyarakat dan kas
12 jam
19.
Pelaksanaan
Perlombaan peringatan 17 Agustus
Minggu
17/08/2014
6 jam
6
Pika

Masyarakat dan kas
36 jam
G.
Pemasangan Plang Penunjuk Perangkat Desa
Koord: Awang


20.
Persiapan 1
Pengambilan kayu
Minggu
31/08/2014
4,5 jam
3
Wirna


400,075
Kas
13,5 jam
21.
Persiapan 2
Pembelian alat dan bahan pengecatan
Senin
01/09/2014
1 jam
6
Wirna
Kas
6 jam
22.
Persiapan 3
Pengecatan plang dan pembuatan nama pada plang
Selasa- Minggu
02/09/2014- 07/09/2014
32 jam
6
Awang

Kas
202 jam
23.
Pelaksanaan
Pemasangan plang
Senin
08/09/2014
3 jam
5
Awang

Kas
15 jam
H.
Pemasangan Lampu Penerangan Jalan Dusun
Koord: Rizky


24.
Persiapan
Pembelian bahan
Rabu
10/09/2014
4 jam
3
Rizky
672
Kas
12 jam
25.
Pelaksanaan
Pemasangan lampu
Rabu
10/09/2014
2 jam
6
Rizky

Kas
12 jam
I.
Pengadaan Pompa Air
Koord: Wuri


26.
Persiapan
Survei harga pompa air
Selasa
09/09/2014
1 jam
6
Wuri
345
Kas
6 jam
27.
Pelaksanaan
Pembelian pompa air
Rabu
10/09/2014
1 jam
6
Wuri

Kas
6 jam
J.
Posyandu
Koord: Wirna


28.
Persiapan
Pembelian konsumsi
Jumat
22/08/2014
2 jam
6
Rizky
167,3
Kas
12 jam
29.
Pelaksanaan
Posyandu
Sabtu
23/08/2014
3 jam
6
Wirna

Kas
18 jam
K.
Perpisahan
Koord: Marta


30.
Persiapan 1
Pembelian bahan (konsumsi)
Rabu dan Kamis
10/09/2014 & 11/09/2014
5 jam
2
Wirna
422,5
Kas
10 jam
31.
Persiapan 2
Memasak konsumsi dan dekorasi
Kamis
11/09/2014
5 jam
2
Rizky

Kas
10 jam
32.
Pelaksanaan
Perpisahan
Kamis
11/09/2014
2,5 jam
6
Marta

Kas
15 jam
TOTAL
5193,925

847,5 jam




B. Uraian Pelaksanaan Kegiatan

1.      Program Bimbingan Belajar (Bimbel)
Program Bimbingan Belajar merupakan salah satu program unggulan yang direncanakan oleh kelompok 40 KKN USD XLVIII. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas masyarakat dusun Jelok dalam bidang pendidikan. Program bimbingan belajar ini terdiri dari 3 bimbingan, yaitu: Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Bahasa Inggris, dan Baca Tulis Hitung (calistung). Program ini dilaksanakan setiap hari pada pukul 16.00-17.00 WIB dan bertempat di Musholla Al-Ikhlas.
a.       Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA)
Taman Pendidikan Al-Qur’an merupakan salah satu program yang diusulkan oleh masyarakat dusun Jelok. Program ini bertujuan untuk membantu anak-anak dalam membaca Iqra’ dan Al-Quran. Kelompok beranggapan bahwa program ini efektif untuk dilakukan karena mayoritas penduduk di dusun Jelok beragama Islam.
Program TPA pertama kali dilaksanakan pada hari Rabu, 6 Agustus 2014 dengan perkenalan mahasiswa KKN kepada peserta TPA. Program ini dilaksanakan dengan frekuensi 3 kali dalam satu minggu yaitu pada hari Rabu, Jumat, dan Minggu. Untuk meningkatkan motivasi peserta TPA, kelompok memutuskan untuk memberikan reward pada peserta yang berprestasi. Selain itu, kelompok juga melakukan program pengadaan buku santri yang bertujuan untuk meningkatkan antusiasme peserta dalam mengikuti program ini. Program ini telah terlaksana sesuai dengan indikator yaitu tingkat partisipasi peserta sebanyak 25 orang (terlampir). Program TPA ini berakhir pada hari Minggu, 7 September 2014.
b.      Bahasa Inggris
Bimbingan Belajar Bahasa Inggris adalah program yang direncanakan kelompok untuk memperkenalkan dan mengajarkan Bahasa Inggris secara umum, sederhana dan efektif kepada peserta bimbingan. Program ini dilakukan dilakukan kelompok dengan tujuan untuk memperkenalkan bahasa Inggris secara umum, sederhana, dan efektif.
Program Bimbingan Belajar Bahasa Inggris pertama kali diadakan hari Selasa, 19 Agustus 2014 setiap hari Selasa dan Kamis. Program ini memperkenalkan Bahasa Inggris secara lebih sederhana dan menarik.  Teknik pengajaran di dalam bimbingan ini meliputi 3 kemampuan anak dalam belajar: membaca (reading), menulis (writing) dan berbicara (speaking). Melalui 3 kemampuan ini, anak-anak mampu dengan mudah mempelajari dasar Bahasa Inggris. Program ini tidak terlaksana sesuai dengan indikator yaitu adanya perubahan yang terlihat dari hasil evaluasi belajar. Kelompok mengalami kendala dalam melihat perubahan hasil eveluasi belajar peserta bimbingan. Hal ini disebabkan karena keterbatasan waktu sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan pre-test dan post-test. Program ini berakhir pada hari Sabtu, 6 September 2014.
c.       Baca Tulis Hitung (CALISTUNG)
Bimbingan Belajar Baca Tulis Hitung adalah program yang dilaksanakan kelompok sesuai dengan hasil asesmen kebutuhan anak-anak dusun Jelok. Program ini membantu peserta bimbingan untuk mendalami berbagai macam pelajaran seperti: Matematika, Bahasa Indonesia, IPA maupun IPS. Program ini dilakukan dengan membagi peserta bimbingan berdasarkan tingkat pendidikan yaitu: TK, SD, SMP, dan SMA/SMK.
Program Baca Tulis Hitung pertama kali dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2014. Program ini dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis. Program ini terlaksana dengan baik sesuai dengan indikator yaitu tingkat kehadiran peserta bimbingan sebanyak 20 orang peserta. Program ini berakhir pada hari Kamis tanggal 4 September 2014.

2.      Program Lomba Peringatan 17 Agustus
Program Lomba Peringatan 17 Agustus telah terlaksana dengan cukup baik pada hari Minggu, 17 Agustus 2014. Program ini dilaksanakan pada pukul 09.00-16.00 WIB dan bertempat di Balai Dusun Jelok dan halaman sekitar Musholla Al-Ikhlas.  Program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan juga mengakrabkan warga Dusun Jelok dengan mahasiswa KKN. Ada beberapa perlombaan yang kelompok selenggarakan. Perlombaan tersebut dibagi menjadi 2 kategori, yaitu : lomba anak dan dewasa. Lomba anak meliputi : lomba makan kerupuk, lomba timun kecap koin, lomba balap karung, lomba lari kelereng, dan lomba memasukkan paku ke dalam botol. Sedangkan lomba dewasa meliputi lomba panjat pinang. Program Lomba Peringatan 17 Agustus diikuti oleh seluruh warga Dusun Jelok khususnya RT 01 sampai dengan RT 08, RW 03. Tingkat partisipasi warga cukup tinggi pada perlombaan anak dan dewasa. Hal ini dibuktikan dengan partisipasi warga pada lomba anak sebanyak 52 orang (terlampir) dan pada lomba dewasa sebanyak 3 kelompok yang terdiri dari 6 orang untuk tiap kelompok.

3.      Program Posyandu Balita dan Lanjut Usia (Lansia)
Program Posyandu Balita dan Lansia merupakan program bersama Mahasiswa KKN yang berada di Dusun Jelok. Program ini telah terlaksana pada hari Sabtu, 23 Agustus 2014 pada pukul 09.00-12.00 WIB. Program ini bertempat di rumah Bapak Haryanto (salah satu warga RT 03). Tujuan dari program ini adalah mengetahui pertumbuhan balita dan melakukan pemeriksaan secara berkala pada lansia. Program Posyandu Balita merupakan program yang dilakukan satu kali dalam satu bulan. Sedangkan program Posyandu Lansia merupakan program rutin berkala setiap tiga bulan sekali dan program ini merupakan program baru yang berjalan sebanyak dua kali. Kedua program ini merupakan program kerjasama antara masyarakat Dusun Jelok dengan Puskesmas Gedangsari II  sebagai penyedia fasilitas kesehatan.
Peran Mahasiswa KKN dalam program Posyandu Balita dan Lansia adalah sebagai fasilitator dalam Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Mahasiswa KKN juga berpartisipasi untuk membantu para kader Posyandu dengan menimbang berat badan, mengukur tinggi badan, pencatatan Kartu Menuju Sehat (KMS) dan pemberian vitamin. Program Posyandu Balita dan Lansia diikuti oleh seluruh warga Dusun Jelok, Kelurahan Watugajah, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul. Tingkat partisipasi warga cukup tinggi pada Posyandu Balita. Hal ini dibuktikan dengan partisipasi warga pada Program Posyandu Balita sebanyak ± 40 balita. Sedangkan Program Posyandu Lansia tidak dapat terlaksana. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Program Posyandu Lansia ini adalah tidak hadirnya warga lansia. Hal ini menyebabkan Program Posyandu Lansia tidak dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana.

4.      Program Penyuluhan Kesehatan
Program Penyuluhan Kesehatan telah terlaksana pada hari Minggu, 31 Agustus 2014. Program ini dilaksanakan pada pukul 09.00-15.00 WIB dan bertempat di Balai Dusun Jelok. Tujuan dari program ini adalah memberikan informasi kepada warga Dusun Jelok khususnya RT 04, 05, 06/RW 03 mengenai cara pola hidup sehat dan kriteria MCK yang baik. Sedangkan tujuan dari program ini adalah warga dapat secara mandiri dalam menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kualitas MCK agar tetap baik.
Program Penyuluhan Terkait Pola Hidup Sehat dan Kriteria MCK yang Baik ditujukan kepada seluruh warga Dusun Jelok khususnya RT 04, 05, dan 06 RW 03. Tingkat partisipasi warga pada program ini cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya jumlah warga yang hadir pada penyuluhan ini sebanyak 43 orang (terlampir).
Kendala yang dihadapi kelompok pada program ini adalah tidak hadirnya narasumber untuk memberikan materi terkait tema yang telah ditentukan. Kelompok berinisiatif untuk tetap melaksanakan program ini dengan menyampaikan isi modul yang telah disusun kelompok dengan menggunakan bahasa yang komunikatif. Materi penyuluhan dijelaskan oleh Mahasiswa KKN sesuai dengan kompetensinya.

5.      Program Poster Pola Hidup Sehat
Program Poster Pola Hidup Sehat adalah tindak lanjut dari program Penyuluhan Terkait Pola Hidup Sehat dan Kriteria MCK yang Baik. Program ini dimaksudkan untuk memberikan informasi lanjutan kepada warga secara lebih dekat. Program ini dilaksanakan dengan cara menempel poster pada tiap MCK yang ada di wilayah RT 04, 05, dan 06 RW 03 Dusun Jelok. Poster ini berisi tentang ajakan untuk menjaga kelestarian air dengan cara menggunakan air sesuai dengan kebutuhan. Sehingga kebersihan MCK akan selalu dihimbau sekalipun kami sudah meninggalkan lokasi KKN. Perlu digaris bawahi bahwa tidak semua rumah atau kepala keluarga memiliki MCK pribadi sehingga poster ini dianggap dapat mewakili himbauan kepada warga di sekitar MCK yang tersedia tersebut. Penyerahan poster untuk pertama kalinya dilakukan bersamaan dengan dilakukannya penyuluhan dan serah terima dilakukan oleh mahasiswa KKN dengan sesepuh Dusun Jelok.
6.      Program Pembuatan Proposal Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis Berkala
Program Pembuatan Proposal Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis Berkala merupakan salah satu program kelompok dalam meningkatkan kualitas hidup warga Jelok dalam bidang kesehatan. Tujuan dari penulisan proposal Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis Berkala ini adalah meminta dukungan dan bantuan dari Departemen Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul melalui kerjasama dengan puskesmas atau instalasi kesehatan terdekat untuk dapat menyelenggarakan program Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis Berkala di Pedukuhan Jelok.
Indikator keberhasilan dari Program Pembuatan Proposal Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis Berkala adalah masuknya proposal ke Departemen Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul. Program ini telah terlaksana sesuai dengan indikator pada tanggal 11 September 2014. Tidak ada kendala yang ditemukan kelompok dalam proses penyusunan proposal ini.

7.      Program Pembuatan Proposal Pembangunan MCK
Program ini di latarbelakangi pada kondisi lingkungan mengenai keberadaan MCK yang masih jarang dan memprihatinkan. Tujuan dari penulisan proposal ini adalah meminta dukungan dan bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul melalui kerjasama dan koordinasi keadaan dengan perangkat desa setempat untuk dapat menyelenggarakan program terkait dengan keadaan dan keberadaan fasilitas MCK (Mandi, Cuci, Kakus) di Pedukuhan Jelok, Kelurahan Watugajah, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
Indikator keberhasilan dari Program Pembuatan Proposal Pembangunan MCK adalah masuknya poposal ke Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Program ini telah terlaksana sesuai dengan indikator pada tanggal 11 September 2014.

8.      Program Pengadaan Plang Penunjuk Perangkat Desa
Program Pengadaan Plang Penunjuk Perangkat Desa merupakan salah satu program tambahan kelompok. Tujuan dilaksanakannya program ini adalah untuk memudahkan warga dalam mencari perangkat desa yang ada di dusun Jelok.
Indikator keberhasilan dari program ini adalah terpasangnya plang penunjuk perangkat desa di wilayah dusun Jelok. Program Pengadaan Plang Penunjuk Perangkat Desa telah terlaksana sesuai indikator pada hari Senin, 8 September 2014. Tidak terdapat kendala yang dialami kelompok dalam proses pembuatan hingga pemasangan plang di wilayah Dusun Jelok.

9.      Program Pemasangan Lampu Penenerangan Jalan
Program Pemasangan Lampu Penenerangan Jalan merupakan program dari kelompok untuk mempermudah akses dan meningkatkan keamanan wilayah Dusun Jelok terutama di malam hari. Program ini merupakan program yang dimulai oleh Mahasiswa KKN dengan memasang lampu penerangan sebanyak 6 titik di jalan sepanjang 200 meter. Diharapkan masyarakat dapat melanjutkan program ini sehingga pemasangan lampu penerangan jalan dapat merata ke seluruh wilayah Dusun Jelok. Indikator dari program ini adalah terpasangnya lampu penerangan jalan di wilayah Dusun Jelok khususnya wilayah RT 04, 05, dan 06 RW 03.
Program Pemasangan Lampu Penerangan Jalan telah terlaksana sesuai dengan indikator pada tanggal 10 September 2014. Kelancaran program ini tidak lepas dari partisipasi warga yang berkompeten dalam hal pemasangan rangkaian listrik dan gotong royong warga dalam pemasangan lampu penerangan jalan. Warga berterima kasih atas diselenggarakannya program penerangan jalan oleh Mahasiswa KKN USD XLVIII.

10.  Program Pengadaan Pompa Air
Program ini adalah program tambahan yang dilakukan oleh kelompok untuk mempermudah pengaliran air dari sumber air ke rumah warga. Program ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi lanjutan yang dilakukan oleh kelompok. Sebagian besar warga Dusun Jelok harus mengambil air dari sumber air yang jaraknya cukup jauh dari rumah mereka.
Program Pengadaan Pompa Air ini telah terlaksana sesuai dengan indikator yaitu terpasangnya pompa air disalah satu sumber air yang berada di wilayah Dusun Jelok. Letak pemasangan pompa air telah dimusyawarahkan dengan warga pada tanggal 10 September 2014. Musyawarah tersebut menghasilkan suatu kesepakatan terkait letak pemasangan pompa air yaitu di sumber air di depan Musholla Al-Ikhlas. Warga sangat antusias dan merasa sangat terbantu dengan diadakannya program pengadaan pompa air yang dilakukan oleh kelompok.

11.  Program Perpisahan Mahasiswa KKN dengan Warga
Program Perpisahan Mahasiswa KKN dengan Warga merupakan program penutup dari serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN selama berada di lokasi KKN. Program ini adalah program bersama dengan kelompok 39 KKN USD XLVIII. Program ini bertujuan untuk memberikan salam perpisahan kepada warga dan sebagai ucapan terima kasih kepada warga Dusun Jelok yang telah menerima dan membantu seluruh program yang dilaksanakan oleh kelompok KKN.
Indikator dari Program Perpisahan Mahasiswa KKN dengan Warga adalah tingkat partisipasi warga sebanyak 50 orang. Program ini telah terlaksana sesuai dengan indikator pada tanggal 11 September 2014 pukul 16.00 di kediaman Bapak Tukiran di wilayah RT 07. Jumlah warga yang hadir pada acara perpisahan ialah sebanyak 70 orang. Di dalam program ini, dilakukan evaluasi serta makan bersama untuk menambah keakraban antara warga dengan Mahasiswa KKN.




C. Laporan Keuangan Semua Program

A.       Pemasukan
Sumber Dana
Jumlah
Universitas Sanata Dharma
Rp. 2.612.000,-
Masyarakat Pedukuhan Jelok
Rp. 549.000,-
Kas kelompok
Rp. 2.050.000,-
TOTAL
Rp. 5.211.000,-

B.        Pengeluaran per Program

1.      Penyuluhan terkait pola hidup sehat dan MCK yang baik

No

Kegiatan

Kebutuhan
Volume

Total
Satuan Ukur
Jumlah
Biaya per Satuan
1
Konsumsi
Snack
Pack
Kilogram
52
4
Rp. 5.000,-
Rp. 25.000,-
Rp. 262.000,-
Rp. 100.000,-
2
Perlengkapan
Sound system
Set
1
Rp. 300.000,-
Rp. 300.000,-
3
Dekorasi
Karton
Isi stapler
Lembar
Kotak
1
1
Rp. 2.000,-
Rp. 4.000,-
Rp. 2.000,-
Rp. 4.000,-
4
Modul
Pencetakan
Lembar
150
Rp. 300,-
Rp. 45.000,-
TOTAL
Rp. 713.000,-
                                                                                                                     
2.      Penempelan poster

No

Kegiatan

Kebutuhan
Volume

Total
Satuan Ukur
Jumlah
Biaya per Satuan
1
Poster
Pencetakan
laminating
Lembar
Lembar
185
163
Rp. 3.000,-
Rp. 2.500,-
Rp. 554.000,-
Rp. 407.500,-
2
Perlengkapan
Paku
Cutter
Bolpoin
Ons
Buah
Pak
5
4
1
Rp. 2.000,-
Rp. 10.000,-
Rp. 11.500,-
Rp. 10.000,-
Rp. 40.000,-
Rp. 11.500,-
TOTAL
Rp. 1.023.000,-


3.      Penyusunan proposal terkait pembangunan fasilitas MCK dan proposal pemeriksaan dan pengobatan gratis

No

Kegiatan

Kebutuhan
Volume

Total
Satuan Ukur
Jumlah
Biaya per Satuan
1
Survei dan penulisan proposal
Kertas
Kertas buffalo
Cutter
Lakban
Kertas Manila
Isolasi
Bolpoin
Tinta printer
Rim
Lembar
Buah
Buah
Lembar
Buah
Pak
Botol
1
16
1
2
10
1
1
2
Rp. 33.000,-
Rp. 400,-
Rp. 4.500,-
Rp. 10.000,-
Rp. 3.000,-
Rp. 13.000,-
Rp. 17.500,-
Rp. 25.000,-
Rp. 33.000,-
Rp. 6.900,-
Rp. 4.500,-
Rp. 20.000,-
Rp. 30.000,-
Rp. 13.000,-
Rp. 17.500,-
Rp. 50.000,-
TOTAL
Rp. 174.900,-

4.      Bimbingan belajar (TPA, Bahasa Inggris, dan Calistung)

No

Kegiatan

Kebutuhan
Volume

Total
Satuan Ukur
Jumlah
Biaya per Satuan
1
Media belajar dan perlengkapan
Meja lipat
Plastik
Lakban
Pensil
Kertas
Spidol
Penghapus
Kertas buffalo dan manila
Setip
Rautan
Kertas warna
Buku
Bolpoin warna
Penggaris
Bolpoin
Unit
Meter
Buah
Pak
Rim
Biji
Biji
Pak

Biji
Biji
Lembar
Pak  

Biji

Biji
Biji
4
2
2
3
1
2
1
4

5
2
14
1

3

2
34
Rp. 28.400,-
Rp. 8.000,-
Rp. 7.900,-
Rp. 7.000,-
Rp. 27.500,-
Rp. 12.500,-
Rp. 1.200,-
Rp. 4.000,-

Rp. 500,-
Rp. 1.900,-
Rp. 800,-
Rp. 10.000,-

Rp. 2.000,-

Rp. 2.000,-
Rp. 682,-
Rp. 113.600,-
Rp.16.000,-
Rp. 15.800,-
Rp. 21.000,-
Rp. 27.500,-
Rp. 25.000,-
Rp.1.200,-
Rp. 16.000,-

Rp. 2.500,-
Rp. 3.800,-
Rp. 11.200,-
Rp. 10.000,-

Rp. 6.000,-

Rp. 4.000,-
Rp. 23.200,-
2
Konsumsi
Snack ringan
Paket
1
Rp. 266.050,-
Rp. 266.050,-
3
Reward
Buku tulis
Bolpoin
Pensil
Kertas kado
Pak
Pak
Pak
Lembar
2
3
2
3
Rp. 32.000,-
Rp. 18.333,-
Rp. 12.500,-
Rp. 750,-
Rp. 64.000,-
Rp. 55.000,-
Rp. 25.000,-
Rp. 2.250,-
TOTAL
Rp. 709.100,-

5.      Peringatan 17 Agustus

No

Kegiatan

Kebutuhan
Volume

Total
Satuan Ukur
Jumlah
Biaya per Satuan
1
Atribut 17 Agustus
Bendera
Buku kuitansi
Amplop
Kantong plastik
peluit
Pak
Biji
Lembar
Pak

Biji
10
1
5
1

2
Rp. 4.000,-
Rp. 6.500,-
Rp. 100,-
Rp. 2.200,-

Rp. 1.250,-
Rp. 40.000,-
Rp. 6.500,-
Rp. 500,-
Rp. 2.200,-

Rp. 2.500,-
2
Alat dan bahan perlombaan anak-anak
Paku
Kerupuk
Ons
Plastik
1
1
Rp. 1.500,-
Rp. 20.000,-
Rp. 1.500,-
Rp. 20.000,-
3
Hadiah perlombaan anak-anak
Kertas kado
Buku tulis (Al 38)
Buku tulis (Sidu)
Selotip
Rautan
Rautan tutup pensil
Setip
Lembar
Pak

Pak

Biji
Biji
Biji

Biji
10
2

1

1
3
6

10
Rp. 650,-
Rp. 9.375,-

Rp. 18.500,-

Rp. 3.950,-
Rp. 1.600,-
Rp. 1.450,-

Rp. 1.000,-
Rp. 6.500,-
Rp. 18.750,-

Rp. 18.500,-

Rp. 3.950,-
Rp. 4.800,-
Rp. 8.700,-

Rp. 10.550,-
4
Perlombaan panjat pinang
Bakul

Teko 
Ember
Hanger
Ciduk
Panci (uk 18)
Panci (uk 20)
Burung kenari
Baju 
Rokok
Torabika
Minuman
Mie instan
Shampoo
Sabun
Pasta gigi
Teh
Buah

Buah
Buah
Lusin
Buah 
Unit
Unit
Ekor
Buah
Bungkus
Renteng
Lusin
Bungkus
Renteng
Biji
Biji
Pak
3

2
1
2
2
2
1
1
1
5
1
1
10
1
3
3
1
Rp. 7.000,-

Rp. 5.000,-
Rp. 8.000,-
Rp. 14.500,-
Rp. 2.500,-
Rp. 16.000,-
Rp. 22.000,-
Rp. 50.000,-
Rp. 50.000,-
Rp. 8.500,-
Rp. 9.000,-
Rp. 32.000,-
Rp. 1.700,-
Rp. 4.500,-
Rp. 1.666,-
Rp. 2.100,-
Rp. 10.000,-
Rp. 21.000,-

Rp. 10.000,-
Rp. 8.000,-
Rp. 29.000,-
Rp. 5.000,-
Rp. 32.000,-
Rp. 22.000,-
Rp. 50.000,-
Rp. 50.000,-
Rp. 42.500,-
Rp. 9.000,-
Rp. 32.000,-
Rp. 17.000,-
Rp. 4.500,-
Rp. 5.000,-
Rp. 2.100,-
Rp. 10.000,-
5
Konsumsi
Onde-onde
Air mineral
Keripik
Biji
Dus
Kilogram
20
1
1
Rp. 500,-
Rp. 28.000,-
Rp. 35.000,-
Rp. 10.000,-
Rp. 28.000,-
Rp. 35.000,-
TOTAL
Rp. 567.050,-

6.      Pembuatan plang penunjuk perangkat desa

No

Kegiatan

Kebutuhan
Volume

Total
Satuan Ukur
Jumlah
Biaya per Satuan
1
Plang kayu
Kayu
Lembar
20
Rp. 10.000,-
Rp. 200.000,-
2
Pengecatan plang
Kuas cat
Buku nota
Penggaris
(kecil)
Penggaris (besar)
Kuas
Cat hitam
Cat orange
Thiner
Paku
Kuas
Biji
Buah
Biji


Biji

Biji
Kaleng
Kaleng
Kaleng
Ons
Biji
2
1
3


3

6
1
1
2
3
1
Rp. 6.000,-
Rp. 3.200,-
Rp. 2.750,-


Rp. 5.800,-

Rp. 1.620,-
Rp. 53.500,-
Rp. 59.500,-
Rp. 12.000,-
Rp. 1.500,-
Rp. 8.000,-
Rp. 12.000,-
Rp. 3.200,-
Rp. 8.250,-


Rp. 17.400,-

Rp. 9.725,-
Rp. 53.500,-
Rp. 59.500,-
Rp. 24.000,-
Rp. 4.500,-
Rp. 8.000,-
TOTAL
Rp. 400.075,-

7.      Pemasangan lampu penerangan jalan dusun
No
Kegiatan
Kebutuhan
Volume
Total
Satuan Ukur
Jumlah
Biaya per Satuan
1
Alat dan bahan pemasangan lampu
Fiting
Isolasi
NCB
PLC dop
Kabel eterna
Kabel telp
Biji
Biji
Biji
Biji
Meter
Meter
6
1
3
6
12
150
Rp. 11.000,-
Rp. 6.000,-
Rp. 14.000,-
Rp. 29.000,-
Rp. 7.000,-
Rp. 2.000,-
Rp. 66.000,-
Rp. 6.000,-
Rp. 42.000,-
Rp. 174.000,-
Rp. 84.000,-
Rp. 300.000,-
TOTAL
Rp. 672.000,-

8.      Pengadaan pompa air

No

Kegiatan

Kebutuhan
Volume

Total
Satuan ukur
Jumlah
Biaya per Satuan
1
Pembelian pompa air
Pompa air
Unit
1
Rp. 345.000,-
Rp. 345.000,-
TOTAL
Rp. 345.000,-

9.      Posyandu

No

Kegiatan

Kebutuhan
Volume

Total
Satuan Ukur
Jumlah
Biaya per Satuan
1
PMT (Pemberian Makanan Tambahan)
Telur puyuh
Susu kedelai
Butir
Buah
250
60
Rp. 268,-
Rp. 1.671,-
Rp. 67.000,-
Rp. 100.300,-
TOTAL
Rp. 167.300,-
10.  Perpisahan

No

Kegiatan

Kebutuhan
Volume

Total
Satuan Ukur
Jumlah
Biaya per Satuan
1
Konsumsi
Pembelian bahan makanan
-
-
-
Rp. 410.000,-
2
Dekorasi
kertas, warna, lem, dll
-
-
-
Rp. 12.500,-
TOTAL
Rp. 422.500,-

C.    Pengeluaran Keseluruhan

No
Program
Pengeluaran
1
Penyuluhan terkait pola hidup sehat dan MCK yang baik
Rp. 713.000,-
2
Pengadaan poster
Rp. 1.023.000,-
3
Penyusunan proposal terkait pembangunan fasilitas MCK dan proposal pemeriksaan dan pengobatan gratis
Rp. 174.900,-
4
Bimbingan belajar (TPA, Bahasa Inggris, Calistung)
Rp. 709.100,-
5
Peringatan 17 Agustus
Rp. 567.050,-
6
Pembuatan plang penunjuk perangkat desa
Rp. 400.075,-
7
Pemasangan lampu penerangan jalan dusun
Rp. 672.000,-
8
Pengadaan pompa air
Rp. 345.000,-
9
Posyandu
Rp. 167.300,-
10
Perpisahan
Rp. 422.500,-
TOTAL KESELURUHAN
Rp. 5.193.925,-

D.    Final Keuangan
Pemasukan
Rp. 5.211.000,-
Pengeluaran
Rp. 5.193.925,-
Surplus
Rp. 17.075,-





BAB IV
                                   KESIMPULAN DAN SARAN                                  

A.    Kesimpulan
            Program yang telah disusun oleh kelompok KKN kelompok 40 telah mampu memberdayakan warga masyarakat Dusun Jelok RT 04, 05, dan 06 RW 03. Adapun program yang telah berjalan sesuai dengan proposal SPPMU antara lain :  Penyuluhan Kesehatan Terkait Pola Hidup Sehat dan Kriteria MCK yang Baik, Penempelan Poster Terkait Pola Hidup Sehat dan Kriteria MCK yang Baik, Bimbingan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Bimbingan Baca Tulis Hitung (Calistung), Bimbingan Bahasa Inggris, Pembuatan Proposal Pengadaan MCK dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Secara Berkala yang Ditujukan pada Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.
            Program Tambahan yang Telah Berjalan Dalam Periode KKN ini adalah Posyandu, Penerangan Jalan, Pengadaan Pompa Air, Perayaan 17 Agustus 1945, Pengadaan Plang Penunjuk Perangkat Desa, dan Perpisahan.
            Sedangkan program yang belum berjalan adalah Pembuatan Kuisioner Pola Hidup Sehat dan Kriteria MCK yang Baik.  

B.     Saran
            Program kuisioner yang direncanakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan warga dalam memahami pentingnya kesehatan sebaiknya dialihkan pada alternatif program lain yang lebih efektif dan lebih efisien. Program tambahan yaitu pengadaan pompa air sebaiknya ditindak lanjuti bersama warga sekiranya untuk mendapatkan sumber air baru dikarenakan sumber air yang ada sangat minim. Jika memungkinkan justru ditambahkan pelatihan pembuatan penyaringan air agar air yang keruh bisa menjadi bersih sehingga layak untuk digunakan. Selain itu, untuk program-program yang sudah berjalan sekiranya dapat diteruskan untuk KKN periode selanjutnya, sehingga program berkesinambungan dan memberikan manfaat yang lebih nyata. Seperti program bimbingan belajar yang sangat membantu dan bermanfaat untuk anak-anak di wilayah Pedukuhan Jelok.