Jumat, 08 Januari 2016

Apa sih "Modifikasi Perilaku" itu?

Modifikasi Perilaku                                                Silvester Kalpika Narantaka
                                                                                                119114035 / Kelas D

B.F. Skinner (1904-1990) : “Sebuah aplikasi klinis untuk mengubah perilaku-perilaku yang tidak diinginkan menjadi perilaku yang lebih dapat diterima. Hal ini dilakukan dengan cara menguatkan perilaku yang diinginkan dan tidak menguatkan perilaku yang tidak diinginkan.”

Albert Bandura (1925-) : “Sebuah pendekatan kognitif sosial untuk mengubah atau memodifikasi perilaku-perilaku yang dianggap masyarakat sebagai tak normal atau tidak diinginkan. Modifikasi perilaku dilakukan dengan cara memberikan model untuk perilaku yang diinginkan.”

Wole (1973) : modifikasi perilaku adalah penerapan prinsip-prinsip belajar yang telah teruji secara eksperimental untuk mengubah perilaku yang tidak adaptif, kebiasaan-kebiasaan yang tidak adaptif dilemahkan dan dihilangkan, perilaku adaptif ditimbulkan dan dikukuhkan.
Bootzin (1975-) : “Usaha untuk menerapkan prinsip-prinsip proses belajar maupun prinsip-prinsip psikologis hasil eksperimen pada perilaku manusia itu sendiri”

Osborn (1976-) : “Penggunaan secara sistematis teknik kondisioning pada manusia untuk keberhasilan perubahan frekuensi perilaku sosial tertentu.”

Eysenk dalam Soetarlinah Soekadji (1983) : modifikasi perilaku adalah usaha untuk mengubah perilaku dan emosi manusia dengan cara yang menguntungkan berdasarkan hukum-hukum teori modern proses belajar.
Kerr dan Nelson (1989-) : “Behavior modification techniques aim to manipulate the antecedents and consequences of behavior so that the likelihood of appropriate behavior is increased and inappropriate behavior is decreased.”
Martin dan Pear (2003-) : “Evaluasi terhadap perilaku apakah sudah berubah meningkat atau berkurang. Evaluasi ini meliputi identifikasi perilaku target, identifikasi penyebab munculnya perilaku, dan menentukan metode intervensi.”

Edward Sarafino (2012-) : “As the field of study that focuses on using principles of learning and cognition to understand and change people behavior.”

Kesimpulan umum dari teori modifikasi perilaku : Sebuah teknik atau pendekatan yang menggunakan prinsip belajar dan kognisi untuk menguatkan perilaku yang diharapkan dan menurunkan perilaku yang tidak diharapkan.